Thursday, January 30, 2014

Siklus Ekonomi

Dalam Siklus Ekonomi Terbuka, terdapat elemen-elemen yang saling berkaitan, yaitu Rumah Tangga Keluarga (Masyarakat), Perusahaan, Pemerintah, dan Luar Negeri. Berawal dari Rumah Tangga Keluarga yang melakukan konsumsi, maka munculah Perusahaan untuk membuat produk yang akan dikonsumsi oleh Masyarakat atau Rumah Tangga Keluarga. Rumah Tangga Keluarga juga menjadi faktor-faktor produksi berupa SDA, SDM, modal, dan keahlian pengusaha. Dari faktor produksi tersebut, maka Rumah Tangga  Keluarga pun mendapatkan gaji dari Perusahaan sebagai balas jasa.

Pemerintah menerima dana subsidi dari pajak barang dan jasa hasil produksi Perusahaan dan pajak barang dan jasa hasil konsumsi Rumah Tangga Keluarga. Selain itu, Pemerintah wajib memberikan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan (UUD 1945 pasal 27 ayat 2). Pemerintah juga harus mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Menengah (UM) bagi Perusahaan. Untuk mengembangkan atau meningkatkan BUMN, Pemerintah bekerjasama dengan Luar Negeri dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, pertahanan, dan keamanan.

Selain bekerjasama dengan Pemerintah, Luar Negeri juga bekerjasama dengan Rumah Tangga Keluarga dalam bentuk impor. Rumah Tangga Keluarga mengimpor barang dari Luar Negeri. Lalu Rumah Tangga Keluarga membayar Luar Negeri dengan rupiah atau dollar. Luar Negeri juga bekerjasama dengan Perusahaan dalam bentuk ekspor. Perusahaan akan mengekspor hasil produksinya ke Luar Negeri. Kemudian, Luar Negeri membayarnya dengan rupiah atau dollar.

No comments:

Post a Comment